Pers Sebagai Medium Komunikasi Massa

5:17:00 am
Masyarakat modern ditopang setidaknya oleh tiga hal yang menjadi cirinya, yakni orientasi hidup, fabrikasi dan komunikasi.Masyarakat modern selalu berpikir ke depan, orientasi hidupnya adalah untuk kehidupan masa kini yang dijalani dan masa depan yang hendak direngkuhnya. Masyarakat modern juga tidak bisa melepaskan dirinya dari atribut-atribut fabrikasi. Masyarakat modern mengkonsumsi berbagai kebutuhan diri dan kebutuhan hidupnya atas dasar barang-barang olahan hasil industri pabrikan. Dan yang tidak kalah pentingnya yang menjadi ciri masyarakat modern adalah komunikasi dengan menggunakan perangkat teknologi komunikasi modern. Pers adalah bagian dari sistem komunikasi modern dengan menggunakan perangkat atau medium komunikasi yang bersifat massif (mass communication).

Pers adalah bagian dari sistem komunikasi yang juga adalah bagian dari sistem kemasyarakatan. Eksistensi pers berada dalam lingkungan kehidupan sosial masyarakat.Dengan demikian, pers bukanlah suatu yang anomali yang berada di luar sistem kemasyarakatan lainnya, akan tetapi berada dalam hubungan yang saling mempengaruhi antara pers dengan institusi-institusi sosial lainnya dalam sistem kemasyarakatan. Jadi dalam memahami pers, perlu memperhatikan unsur-unsur kemasyarakatan, karena sekali lagi pers adalah bagian dari sistem kemasyarakatan yang saling mengadakan interaksi.

Membicarakan pers tentunya juga akan terkait dengan masalah jurnalisme dan komunikasi massa. Pers merupakan wadah atau media tempat disiarkannya berita, atau melalui mana berita atau informasi itu disiarkan. Jadi pers berhubungan dengan media dimana berita-berita disebarluaskan kepada khalayak. Sedangkan jurnalisme merupakan bidang pekerjaan atau profesi tentang kewartawanan, yakni profesi seseorang yang mencari dan menghimpun berita atau informasi untuk diwartakan kepada publik. Oleh karena itu orang yang berkecimpung dalam bidang pekerjaan pencarian dan penghimpunan berita atau informasi ini disebut dengan wartawan. Atau bisa juga disebut dengan jurnalis, yakni orang yang melakukan pekerjaan jurnalistik, yang berarti adalah proses kegiatan mencari, menggali, mengumpulkan, mengolah, memuat dan menyebarkan berita melalui media massa kepada khalayak seluas-luasnya dengan secepat-cepatnya.Sedangkan komunikasi massa adalah sebutan bagi kegiatan komunikasi yang menggunakan perangkat mekanik/elektronik seperti surat kabar, majalah, radio, televisi, dan film (atau biasa disebut juga dengan media massa). Yang dalam perkembangannya kegiatan pers pun menggunakan media-media ini, sehingga dengan demikian kegiatan pers adalah juga kegiatan komunikasi massa.

Sebagai bagian dari komunikasi massa, maka pers pun memiliki karakteristik sebagai media komunikasi yang memiliki ciri-ciri khusus seperti pada sifat khalayaknya, sifat bentuk komunikasinya, dan sifat komunikatornya. Sifat khalayak dari pers sebagai medium komunikasi massa adalah luas, heterogen dan anonim. Sifat bentuk komunikasinya adalah umum, cepat dan selintas. Dan sifat komunikatornya bekerja pada suatu institusi atau organisasi yang kompleks dengan melibatkan sejumlah dana mengiringi pekerjaan yang dilakukannya.

Artikel Terkait

Previous
Next Post »