Pendapat anda mengenai Wawasan Nusantara

1:04:00 pm
Bagaimanakah pendapat anda mengenai Wawasan Nusantara?

Wawasan Nusantara merupakan cara pandang, cara melihat, cara meninjau bangsa Indonesia terhadap diri dan lingkungannya. Wawasan nasional bangsa Indonesia merupakan penjabaran dari Pancasila sebagai falsafah, pandangan hidup, ideologi dan dasar negara yang dilandasi oleh pengalaman sejarah, kondisi geografi dan sosial budaya serta pemikiran lingkungan strategik bangsa Indonesia, bagi bangsa Indonesia cara pandang itu menentukan  bagaimana bangsa Indonesia memandang diri dan lingkungannya dan bagaimana bangsa Indonesia memanfaatkan kondisi geografis sosial budaya dan strategiknya dalam mencapai tujuan Nasional dan menjamin kepentingan nasional.

Negara mempunyai kewenangan yang istimewa; membentuk angkatan bersenjata, lembaga peradilan, pemerintahan, parlemen, mencetak uang, menggunakan kekerasan di wilayah kedaulatannya. Negara ialah tatanan dari rakyat, wilayah yang dimiliki dan dikuasai oleh pemerintahan yang sah dan berdaulat.

Apa yang dimaksud dengan "negara dapat menggunakan kekerasan" dalam pernyataan diatas...jelaskan!

Syarat-syarat suatu negara, yaitu :

- Adanya pemerintah yang berdaulat

- Adanya wilayah

- Adanya warga negara

- Adanya pengakuan

Dalam melindungi dari ancaman, tantangan, hambatan dan gangguan wilayah kedaulatannya suatu negara dapat menggunakan kekerasan, kekerasan di sini digunakan untuk melindungi wilayah kedaulatan suatu negara dan warga negaranya dari ancaman negara lain yang ingin menguasai wilayahnya, kekerasan juga digunakan untuk mengatasi gangguan dari pemberontak atau separatis yang ingin merongrong wilayah negara, kekerasan juga dapat digunakan untuk menjaga ketertiban masyarakat dari gangguan-gangguan kriminal.


Artikel Terkait

Previous
Next Post »