Proses Komunikasi Massa

4:22:00 am
A.  Pengertian
        Proses merupakan suatu peristiwa yang berlangsung secara kontinyu. Komunikasi massa memerlukan media sebagai penghubung maka, proses komunikasi massa tersebut terdapat pada penggunaan media sebagai alat berkomunikasi. Terdapat 5 unsur dalam proses komunkasi menurut Lasswell yaitu:
Who    Says What    In Which Channel    To Whom    With What Effect
Komunikator    Pesan yang disampaikan    Media/saluran yang digunakan untuk berkomunikasi    Penerima atau komunikan    Efek/hasil yang dicapai dari usaha penyampaian pesan




B.  Komponen Komunikasi Massa
Dalam komunikasi terdapat komponen-komponen yang harus diperhatikan yaitu:
•      Komunikator (Communicator)
        Komunikator dalam komunikasi massa berbeda dengan komunikator pada komunikasi interpersonal. Perbedaannya terletak pada pengiriman pesan. Dalam komunikasi interpersonal, komunikator dapat langsung mengirimkan pesan kepeda komunikan namun dalam komunikasi massa pengirim pesan merupakan institusi atau lembaga yang bekerja sama agar pesan dapat sampai kepada komunikan.
        Menurut Hiebert, Ungurait dan Bohn komunikator memiliki 3 sifat yaitu costliness yang berarti setiap pesan yang disampaikan kepada komunikan membutuhkan biaya. Complexity, sebelum pesan dapat dinikmati terdapat proses atau alur yang panjang yang melibatkan banyak orang di dalamnya. Compertiveness, adanya kompetisi yang terjadi antar media.
•      Codes and Content
        Codes adalah simbol yang digunakan sedangkan Content adalah isi atau makna dari sebuah pesan.
•      Gatekeeper
        Gatekeeper atau penjaga bertugas untuk menjaga agar media tidak kebobolan dalam menyampaikan berita. Sehingga tidak ada pihak-pihak yang merasa dirugikan oleh pemberitaan media tersebut.
•      Regulator
        Regulator berperan layaknya gatekeeper namun regulator berada di luar institusi media.
•      Media
•      Audiens (Audience) merupakan sasaran dari komunikasi massa.
•      Filter
        Filter atau penyaringan berguna untuk membendung arus informasi yang tidak sesuai dengan budaya dikarenakan banyaknya audiens dari media massa. Indaa manusia dapat digunakan sebagai filter namun penyaringan informasi dari masing-masing individu berbeda tergantung dari 3 aspek seperti budaya (cultural), tatanan psikologi (psychological) dan kondisi fisik (physical).
•      Umpan Balik (Feedback)
        Feedback merupakan tanggapan atau respons dari penerima pesan. Umpan balik dalam komunikasi massa berbeda dengan umpan balik yang terjadi pada komunikasi lain. Jika pada komunikasi lain umpan balik terjadi langsung saat komunikator berhadapan dengan komunikan, namun pada komunikasi massa, umpan balik terjadi secara tidak langsung dan membutuhkan waktu untuk sampai kepada komunikator.

C.  Efek Komunikasi Massa
        Media massa dengan banyaknya informasi yang diberikan memberikan pengaruh pada komunikan. Pengaruh atau efek tersebut dapat terjadi secara langsung maupun tidak langsung. Kehadiran media massa memberikan pengaruh seperti efek ekonomi, efek sosial, penjadwalan sehari-hari, efek hilangnya perasaan tidak nyaman dan efek menumbuhkan perasaan tertentu.
        Pesan yang disampaikan tak luput juga dapat memberi pengaruh yaitu efek kognitif atau efek yang bersifat informatif bagi komunikan. Efek afektif yang menyebabkan seseorang dapat merasakan suasana emosional sebagai akibat yang ditimbulkan media massa. Efek behavioral merupakan akibat yang timbul dalam bentuk perilaku, tindakan atau kegiatan.

Artikel Terkait

Previous
Next Post »