Menyimak

8:12:00 am

Pengertian Menyimak

Menyimak merupakan suatu proses kegiatan mendengarkan lambang-lambang bunyi bahasa (ujaran) dengan penuh perhatian, pemahaman, apresiasi, serta interpretasi untuk memperoleh informasi, menangkap isi yang disampaikan oleh seorang pembicara


Saudara, Anda pasti sudah mengerti apa yang dimaksud dengan istilah  interaktif dan noninteraktif. Oleh sebab itu, kami hanya akan mengutip penjelasan tentang menyimak berdasarkan intensitas yaitu; menyimak ekstensif dan menyimak intensif sebagai berikut.

Menyimak Ektensif

Menyimak ekstensif ialah kegiatan menyimak yang terjadi dalam kehidupan sehari-hari, seperti: menyimak radio, televisi, percakapan orang di pasar, dan sebagainya. Jenis menyimak ekstensif meliputi:
  1. menyimak sekunder: menyimak sambil  mengerjakan sesuatu (mis: memasak  sambil mendengarkan musik).
  2. menyimak pasif : hampir serupa dengan menyimak sekunder hanya pada menyimak pasif penyimak beralih dari pekerjaannya ke giatan menyimak    
  3. menyimak estetik : menyimak yang  melibatkan daya imajinasi (mis: menonton pertunjukan drama,  menyimak puisi yang dibacakan,  menyimak cerita yang dibacakan/diceritakan, dll).

Menyimak Intensif

Menyimak intensif adalah kegiatan menyimak yang harus dilakukan dengan sungguh-sungguh, penuh konsentrasi untuk menangkap makna yang dikehendaki. Jenis menyimak intensif meliputi:
  1. menyimak kritis: menyimak yang bertujuan untuk memperoleh fakta yang diperlukan. Penyimak menilai gagasan, ide, informasi dari pembicara.
  2. menyimak konsentratif: menyimak untuk menelaah pembicaraan/hal yang disimaknya. Pada menyimak ini diperlukan konsentrasi penuh dari penyimak agar ide dari pembicara dapat diterima dengan baik.
  3. menyimak kreatif: menyimak yang bertujuan untuk mengembangkan daya imajinasi dan kreativitas. Penyimak jenis ini dapat menciptakan sesuatu yang baru berdasarkan hasil simakan.
Kegiatan meyimak memerlukan proses dan tahapan yag perlu diperhatikan dan dilakukan ketika melakukan diskusi, tahapan-tahapan tersebut meliputi :
  1. Menyimak secara nalar, yang dilakukan secara berkala saat seseorang terlibat dalam suatu pembicaraan
  2. Mendengarkan secara intensional, mendengarkan secara dangkal atau sungguh-sungguh untuk memperoe informasi yang jelas
  3. Penyerapan absorpsi
  4. menyimak sekali-kali, menyimak secara sebentar-sebentar dimna perhatian seseoramg tida terlalu fokus pada topik
  5. menyimak asosiatif
  6. menyimak secara arif, menemukan pikian atau pendapat pembicara

Faktor-faktor Pengaruh Menyimak
  1. Faktor fisik seseorang sangat berpengaruh dalam kegiatan menyimak yang dilakukan oleh seseorang, misalnya seseorang harus berada dalam keadaan sehat dan pada lingkungan yang mendukung ketika melakukan keguatn menyimak.
  2. Faktor psikologis sesorang sangat berpengaruh dalam melibatkan sikap-sikap dan sifat-sifat pribadi seseorang ketika melakukan kegiatan menyimak, seperti rasa simpati dan empati, keegoisan, kurang luasnya pandangan, kebosanan, dan sikap yang tidak layak dalam kegiatan tersebut.
  3. Faktor Pengalaman pertumbuhan dan perkembangan pengalaman seseorang juga menentukan kesuksesan kegiatan menyimak.
  4. Kebiasaan kebiasaan seseorang dapat menentukan kesuksesan kegiatan menyimak karena jika seseorang terbiasa menyimak dengan melompat-lompat atau tidak secara utuh, akan sulit untuk menangkap isi dari informasi yang diberikan.

Artikel Terkait

Previous
Next Post »